Tips Terhindar Dari Pretexting Pencurian Data Pribadi

Tips Terhindar Dari Pretexting Pencurian Data Pribadi
Tips Terhindar Dari Pretexting Pencurian Data Pribadi

TEKNOSIAR.COM – Tips Terhindar Dari Pretexting Pencurian Data Pribadi Semakin banyak aplikasi dan juga teknologi yang semakin modern ternyata hal ini bukan hanya memberikan kepuasan bagi para pengguna smartphone dan juga gadget, akan tetapi menjadi sasaran empuk bagi para penjahat online untuk melakukan aksi kejahatan salah satunya adalah pretexting.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang bagaimana tips terhindar dari pretexting atau pencurian data pribadi yang memang patut untuk Anda waspadai di zaman era seperti sekarang ini dikarenakan untuk data pribadi ternyata sangat mudah dilakukan pencurian oleh mereka yang sudah ahli.

Harus diketahui apabila kejahatan cyber di dunia digital memang sangat beragam dan salah satunya yaitu kejahatan pretexting di mana pretexting adalah upaya mengelabui seseorang untuk memperoleh data pribadi atau pencurian data dan ketika mereka berhasil maka pastinya hal ini sangat berbahaya.

Para pelaku pretexting pada umumnya akan membuat skenario yang meyakinkan sehingga target akan membagikan data pribadi mereka dan para pelaku biasanya berpura-pura pegawai bank, customer service, sampai Pihak yang memberikan hadiah.

Oleh sebab itu para pengguna media sosial ataupun smartphone haruslah lebih meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dan selalu waspada ketika menerima telepon dari nomor asing ataupun mendapatkan tulisan berhadiah di media sosial.

Tips Terhindar Dari Pretexting Pencurian Data Pribadi

Berikut adalah tutorial cara menghindari pretexting supaya data pribadi anda tetap aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Silakan kalian fokus dan Jangan mudah percaya di saat pengguna menemukan seseorang yang mengatasnamakan pihak tertentu
  2. Jangan asal sembarangan memberikan data pribadi begitu saja kepada siapapun terutama di media sosial
  3. Catat nomor pelaku dan selanjutnya kalian tinggal melaporkan atau menginformasikan kepada pihak resmi jika memang menjadi korban atau akan menjadi korban.
  4. Hampir sama dengan vouce phising, biasanya para pelaku akan memakai gaya bicara yang bisa meyakinkan kepada target agar mengikuti seluruh instruksi yang diberikan pelaku walaupun hati dari suara saja.

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana cara terhindar dari pretexting pencurian data pribadi yang saat ini memang tengah malam dan patut untuk diwaspadai oleh siapapun terutama anda yang suka bermain di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *