4 Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

4 Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB
4 Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

TEKNOSIAR.COM – 4 Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB Diketahui apabila siaran TV analog resmi dihentikan oleh pemerintah dan selanjutnya beralih ke siaran TV digital dan bagi masyarakat yang belum mempunyai TV digital disarankan untuk menggunakan set top box atau STB di TV analog akan tetapi ada berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk nonton siaran TV digital tanpa STB yang bisa kalian coba pada postingan kami kali ini.

Cara nonton siaran TV digital tanpa STB yang akan kami posting yaitu bagi kalian yang mempunyai TV analog dan selanjutnya ingin menonton siaran TV digital namun tidak mempunyai set top box, maka kalian dianjurkan untuk mengikuti cara dan langkah dibawah ini.

Seperti diketahui apabila set top box atau STB atau decoder atau disebut juga receiver dan converter yang menjadi alat mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang selanjutnya ditampilkan pada TV analog atau tv tabung dan juga bisa ditampilkan di TV LCD dan LED.

Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

Berikut adalah tutorial yang bisa kalian lakukan untuk menonton siaran TV digital tanpa STB diantaranya adalah sebagai berikut.

Memeriksa fitur HDTV

Umumnya TV yang sudah support siaran TV digital terdapat label maupun check-in food guide HDTV, dtv, digital ready, hd ready, digital tuner, digital tuner built in, digital receiver, dan lainnya.

Apabila kalian menemukan salah satu dari label di atas maka bisa jadi perangkat televisi kalian belum menangkap sinyal digital.

Mencari tahu spesifikasi TV

Selanjutnya kalian pun harus melakukan pengecekan spesifikasi TV yang kalian miliki yaitu memasukkan nomor model televisi ke situs resmi merk tv atau mengecek di internet.

Melakukan pengecekan TV di situs kominfo

Kalian pun bisa melakukan pengecekan merek TV di website kominfo yaitu melalui web berikut: siarandigital.kominfo.go.id.

Selanjutnya kalian tinggal pilih menu perangkat TV digital lalu pilih kolom kategori selanjutnya pilih opsi televisi dan isi merek dan model atau tipe televisi anda dan apabila televisi kalian sudah tertera artinya TV sudah dapat mengakses TV digital sehingga tidak lagi harus membeli STB.

Mencari saluran digital

Kaya pun bisa mengecek TV analog atau digital dengan cara mengetes nya yaitu mengecek di menu TV memakai remote TV. Apabila menu tampilan TV muncul pilihan dtv atau digital tv maka artinya televisi kalian sudah dapat menerima siaran TV digital dan apabila tidak ada maka lebih sekalian masih analog.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *